Bawaslu Kota Batu Petakan Indeks Kerawanan Pemilu

Bawaslu Kota Batu saat mengadakan rapat koordinasi pengumpulan data IKP di kantor Bawaslu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Bawaslu Kota Batu saat mengadakan rapat koordinasi pengumpulan data IKP di kantor Bawaslu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MADIUNTIMES, BATU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu telah memetakan Indeks Kerawan Pemilu (IKP) di Kota Batu. Mula dari pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) hingga money politik. “Sebenarnya ada beragam IPK pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 ini. Tetapi dua hal ini yang masih mendominasi IPK di Kota Batu,” kata Yogi Eka Chalid, anggota Bawaslu Kota Batu Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga saat rapat koordinasi pengumpulan pemutakhiran data IKP di kantor Bawaslu Kota Batu, Selasa (12/3/2019). 

Ia mengatakan jika IPK pelanggaran APK sudah mulai terjadi sejak dimulainya masa kampanye Pemilu tahun 2019 lalu. Masa kampanye itu sudah dimulai pada hulan September 2018 silam. Tetapi untuk IPK money politik itu sejauh ini masih belum bisa terlihat. 

Hal itu didasari dari pengalaman pada pemilu-pemilu sebelumnya. IPK yang terjadi dalam Pemilihan Wali Kota Batu tahun 2017 dan Pemilhan Gubernur tahun 2018. Di antaranya, informasi hoax di media sosial, konteks sosial politik identitas, pelanggaran APK, politik uang.“Dan jika politik uang ini bisa terjadi di haria-hari menjelang Pemilu,” imbuhnya.

Menurutnya setiap orang bisa terjerat hukuman pidana dan administratif bila diketahui memberikan janji dan materi kepada calon pemilih. “Tapi kalau masa kampanye atau hari tenang, yang akan terjerat pidana adalah pemberi, timses, tim kampanye, dan juru kampanye yang terdaftar,” jelas Yogi.

Yogi menjelaskan hingga sampai saat ini Bawaslu Kota Batu hanya masih mendapatkan informasi dugaan. Sehingga diharapkan tidak terbukti.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]madiuntimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]madiuntimes.com | marketing[at]madiuntimes.com
Top