Eny Sunarni : Potensi Wisata Wilayah Utara, Bisa Jadi Pintu Masuk Bagi Wisata Lain Di Lumajang

Eny Sunarni, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Eny Sunarni, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

MADIUNTIMES, LUMAJANG – Anggota DPRD Lumajang dari Partai Hanura Eny Sunarni menilai, potensi wisata wilayah utara Lumajang sebenarnya bisa menjadi pintu masuk bagi kemajuan wisata lainnya di Lumajang. Hal ini disebabkan, sebagian besar warga dari luar kota yang akan masuk ke Lumajang, sebagian besar masuk melalui perbatasan wilayah utara Lumajang.

Sementara disisi lain, wilayah utara Lumajang juga memiliki potensi wisata yang sangat besar, yang selama ini belum memperoleh perhatian besar dari pemerintah Kabupaten Lumajang. Eny, kemudian menyebut kawasan wisata Segi Tiga Ranu, yakni Ranu Bedali, Ranu Pakis dan Ranu Klakah, adalah sebuah potensi besar, yang nyaris terabaikan selama ini.

"Sebenarnya usaha pengelolaan wisata Lumajang yang maju sudah mulai digagas pada zaman Bupati Samsi Ridwan, sayangnya program besar itu kemudian terhenti, yang menjadikan Ranu Klakah dan dua danau lainnya bukan makin ramai, namun dari tahun ketahun  justru semakin sepi," kata Eny Sunarni.

Eny mengaku heran, kenapa potensi ini tak terkelola dengan baik selama bertahun-tahun, bahkan ketika terjadi pergantian kepemimpinan di Lumajang. Eny kemudian memyebut jika pemerintah tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mengelola potensi ini, maka pengelolaan potensi ini bisa dilakukan dengan membangun kemitraan bersama pihak ketiga.

"Kalau penawaran kita baik, infrastruktur kita bagus, saya yakin investor akan mau bekerja sama di sektor ini. Peluang dan dampaknya bagi masyarakat pasti sangat besar, jika Segi Tiga Ranu ini dikelola dengan baik," jelas Eny, yang juga Caleg dari Partai Hanura dengan nomor urut 1, di Dapil V Lumajang.

Eny Sunarni yang juga pengusaha perhotelan ini kemudian menyebut, jika kawasan utara dikelola dengan baik, maka wisatawan yang masuk ke Lumajang juga akan memiliki ketertarikan untuk mengunjungi kawasan wisata lainnya di Lumajang. Dan kawasan utara ini bisa menjadi gerbang masuk wisatawan ke Lumajang.

"Di selatan kita memiliki pantai yang sangat bagus, air terjun yang sudah dikenal luas. Maka kemudian campur tangan pemerintah menjadi penting untuk membangunkan potensi kita yang sedang stagnan ini," papar Eny kemudian.

Karenanya dengan kehadiran pemerintahan yang baru sekarang ini, yakni Bupati Thoriqul Haq dan Wakilnya Ir. Indah Amperawati, pemilik Hotel Maharaja ini berharap agar Pemkab Lumajang mulai melihat potensi ini sebagai sumber PAD yang sangat besar dan bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Lumajang.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]madiuntimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]madiuntimes.com | marketing[at]madiuntimes.com
Top