Potensi Wisata Ranu Lading Papringan, Perlu Sentuhan Infrastruktur Jalan Yang Memadai

Wisata Ranu Lading yang berada di Desa Paringan Klakah (Foto : Media Sosial / Jatim TIMES)
Wisata Ranu Lading yang berada di Desa Paringan Klakah (Foto : Media Sosial / Jatim TIMES)

MADIUNTIMES, LUMAJANG – Satu lagi sebuah obyek wisata berbasis danau akan mulai dikembangkan di desa Papringan Kecamatan Klakah Lumajang. Namanya Ranu Lading. Danau yang berada disisi selatan gunung Lemongan ini mulai dilirik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sekar Lemongan desa Paparingan Kecamatan Klakah.

Pembentukan Pokdarwis Sekar Lemongan ini mulai digagas bulan ini dan akan diawali dengan sebuah survey yang akan dilakukan oleh Pokdarwis Sekar Lemongan.

"Minggu depan kita akan melakukaan maping dilokasi untuk memastikan apa saja yang akan kita kembangkan disana. Mungkin tahap pertama adalah spot selfie yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang datang kesana," kata Yuli Susanti, Ketua Pokdarwis Sekar Lemongan.

Kendati demikian Yuli Susanti mengakui untuk mengembangkan potensi wisata Ranu Lading memerlukan uluran tangan pemerintah, karena sarana jalan yang menuju ke tempat ini masih sangat memprihatinkan. Jika jalan memadai, tidak menutup kemungkinan, tempat ini akan berkembang menjadi salah satu pelengkap tiga danau lainnya, yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

"Jalannya memang masih kurang bagus. Tapi kalau jalan sudah diperbaiki, InsyaAllah akses ke Ranu Lading bisa dijangkau dengan baik," kata Yuli Susanti.

Di kecamatan Klakah dan Ranuyoso yang terdapat tiga danau yang berdekatan jaraknya, dan tiga danau diantaranya sudah menjadi obyek wisata yang cukup dikenal masyarakat luas. Tiga danau ini adalah Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali.(ADV)

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]madiuntimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]madiuntimes.com | marketing[at]madiuntimes.com
Top